LRT Dibangun dari Ciledug-Poris



Atasi Kemacetan, Wali Kota Tangerang: LRT Dibangun dari Ciledug-Poris





Tangerang, HanTer-Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah, mengatakan, pembangunan Light Rail Transit (LRT) akan dibangun dari wilayah Ciledug hingga Terminal Poris.

"Pembangunan LRT merupakan bagian dari penyediaan jasa transportasi massal yang disediakan Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang," kata Arief, Senin (27/4/2015).

Selain itu, kata dia, keberadaan LRT pun dapat mengatasi kemacetan di wilayah Kota Tangerang bahkan hingga ke Jakarta. Sementara, mengenai jalur LRT, Arief mengungkapkan, nantinya akan dibangun dari Ciledug melewati Metland hingga Puri 11 kemudian Green Lake dan menyambung ke Terminal Poris.

Untuk itu, menurutnya, Pemkot Tangerang akan melakukan penataan Terminal Poris untuk menjadi pusat integrasi antarmoda. Sesuai dengan rencana, nantinya di Terminal Poris akan terdapat tujuh moda transportasi mulai dari LRT, Busway, MRT, Kereta Bandara, BRT dan lainnya. "Jadi, bagi warga yang ingin pergi dengan waktu cepat bisa menggunakan LRT," paparnya. Sedangkan pembangunan LRT tersebut juga melengkapi rencana pembangunan jalur `elevated busway` dari Ciledug ke Blok M.

Selama ini, pertumbuhan di kawasan Jakbar agak terhambat dengan terjadinya pengembangan yang pesat di serpong, Ali memperkirakan akan tumbuh kawasan segitiga pertumbuhan baru di Jakbar yang meliputi area Kebon Jeruk-Puri-Permata Hijau. Sedangkan pembangunan LRT tersebut juga melengkapi rencana pembangunan jalur `elevated busway` dari Ciledug ke Blok M.

Pembangunan LRT dan `elevated busway`, terang Arief, akan membuat posisi Kota Tangerang bisa bertransformasi sebagai salah satu pusat bisnis baru di kawasan barat Jakarta. Karena, saat ini tengah dilakukan pembangunan kereta bandara yang akan selesai pada awal tahun depan. "Ditambah lagi dengan tol Kunciran-Bandara," tukasnya.

Pemkot Tangerang pun telah membentuk tim terkait pembangunan LRT dan akhir tahun ini pembangunan `elevated busway` segera dimulai. Selain itu, Pemkot Tangerang juga sudah berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta terkait pengembangan bus Transjakarta koridor XIII rute Tendean hingga Ciledug.

Begitu pula dengan rencana pengoperasian 40 armada Bus Transjabodetabek rute Tangerang-Kemayoran dan Tangerang-Blok M. "Saat ini, prosesnya sudah masuk tahap penyerahan dari Kementerian Perhubungan kepada operator. Ciledug juga akan menjadi hub intermoda di kawasan selatan," pungkasnya.

(adiantoro/ant)

Sumber : http://www.harianterbit.com/m/megapol/read/2015/04/27/26510/28/18/Atasi-Kemacetan-Wali-Kota-Tangerang-LRT-Dibangun-dari-Ciledug-Poris

 




 

joomla template
program indir